Monday 17 October 2016

Cara Atasi Kulit Kering Karena Perubahan Cuaca


Kulit yang terasa kering bisa terjadi karena beberapa faktor, salah satunya yang paling mempengaruhi adalah perubahan cuaca. Jika dibiarkan mengering, dikhawatirkan akan timbul iritasi pada kulit. Sebelum hal tersebut terjadi, ada baiknya lakukan cara-cara ini untuk mengatasi kulit kering :

1. Lakukan Eksfoliasi
Sebelum menggunakan skincare yang berfungsi untuk melembabkan, lakukan eksfoliasi pada kulit untuk mengangkat kulit mati di permukaan kulit. Gunakan satu atau dua kali dalam seminggu untuk membuat area kulit yang kering terasa halus.

Dokter kulit yang berbasis di Manhattan, dr. Elizabeth Hale menyarankan untuk menggunakan produk eksfoliasi yang memiliki kandungan dengan asam laktat. Tidak hanya mengangkat kulit mati namun juga melembabkan kulit.

2. Basuh Wajah dengan Air Hangat
Dituturkan oleh dr. Elizabeth Tanzi, memang tidak ada salahnya membilas wajah dengan air hangat, namun jika terlalu lama terkena air hangat akan menghilangkan minyak alami pada wajah dan bisa membuat wajah iritasi.

"Bersihkan wajah dengan sabun pencuci muka untuk wajah yang sensitif. Jangan gunakan pembersih yang justru membuat wajah terasa lebih kencang," tuturnya seperti dikutip dari Vogue.

3. Jaga Kelembapan Tubuh
Sehabis mandi dan mengerikan badan dengan handuk, gunakan krim atau body lotion dengan kandungan anti oksidan dan ceramide saat kulit masih setengah basah. Pori-pori kulit yang masih setengah terbuka akan menyerap body lotion masuk ke dalam kulit dan memberikan kelembapan yang lebih lama. Bila perlu, gunakan pula pelembab yang mengandung minyak alami seperti minyak kelapa, argan, dan kelapa, untuk menghaluskan bagian tubuh yang kering.

4. Masker Tubuh
Masker yang biasa dipakai di wajah ternyata juga bisa berguna untuk beberapa bagian tubuh yang kering, misalnya saja lengan, sikut, atau kaki. Masker yang mengandung asam hyaluronat dan gliserin aman digunakan untuk bagian tubuh yang kering. Diamkan selama lima sampai tujuh menit dan bagian tubuh akan terasa lebih lembab.

5. Lakukan Cara Alami
Selain menggunakan skincare dan produk kecantikan, lakukan juga cara alami untuk membuat kulit lebih lembab. Misalnya, menyalakan humidifier atau alat untuk melembapkan ruangan di malam hari. Dr. Elizabeth menjelaskan jika cara tersebut dapat membantu produk skincare untuk lebih menyerap masuk ke dalam kulit.

"Anda juga bisa menggunakan suplemen minyak ikan untuk meningkatkan kelembapan tubuh. Jangan lupa juga minum air putih yang cukup," tutupnya.


Sumber : Detik


EmoticonEmoticon